Selasa, 01 Juni 2010

Seminar Nasional "Manajemen Bencana di Indonesia : Perspektif Promosi Kesehatan dan Psikologi"

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terhadap bencana. Namun demikian belum semua komponen bangsa ini memiliki kesadaran akan hal tersebut. Akibatnya sering ada kesenjangan koordinasi, informasi dan kebijakan antar berbagai sektor pada saat bencana. Salah satu hal yang sering dilupakan dalam penanganan bencana adalah masalah psikologi dan kesehatan mental para korban. Selain mengalami luka-luka fisik, korban bencana seringkali mengalami post traumatic stress disorder.
Promosi Kesehatan sebenarnya memegang peranan penting dalam manajemen bencana, apalagi tren manajemen bencana sekarang ini ke arah pemberdayaan masyarakat yang merupakan salah satu strategi promosi kesehatan. Namun masalahnya para ahli promosi kesehatan seringkali mengalami kebingungan : Apa yang harus dikerjakan jika ada bencana? Pada fase apakah seorang ahli promosi kesehatan dapat berperan : pra bencana, saat bencana atau pada fase rehabilitasi?
Untuk itu, S2 Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan akan mengadakan Seminar Nasional "Manajemen Bencana di Indonesia : Perspektif Promosi Kesehatan dan Psikologi" hari Senin, 19 Juli 2010 di Auditorium II Fakultas Kedokteran UGM.

Pembicara yang akan hadir dalam seminar ini berasal dari Belanda, Amerika Serikat dan Ind0nesia. Di bawah ini adalah daftar pembicara yang akan hadir (beberapa masih dalam konfirmasi) :
Keynote Speakers
Dr. Theo K Bouman
Registered Clinical Pyschologist, Head of the Postmaster Health Care Psychologist Training Program, University of Groeningen, Netherland
"Role of Psychology in the International Humanitarian Field and Relating Cross Cultural Aspects"

Dana R Falk, PhD
Clinical Psychologist, University of Puget Sound, Tacoma, Washington, USA
"Post Traumatic Stress Disorder"

Diskusi Panel
Mudjiharto, SKM, MM
Kepala Pusat Penanggulangan Krisis, Departmen Kesehatan RI
"Konsep Manajemen Bencana di Indonesia"

Arshinta
Direktur Yakkum Emergency Unit - CD Bethesda Yogyakarta
"Lesson Learned from Yogya Earthquake : Community Based Disaster Management"

Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, PhD
Ketua Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, FK UGM
"Role of Health Promotion in Disaster Management : A Conceptual Framework"

dr. Brian Sriprihastuti, MPH
UNICEF
"Upaya-upaya Promosi Kesehatan dalam Manajemen Bencana"


Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan di No telp 0274 - 551409, fax 0274 - 551410 atau email di ppk_fk_ugm@yahoo.com

Tidak ada komentar: